Blog ini berisi kumpulan-kumpulan artikel, tips n trik, tutorial, iklan, dan lain-lain.


Pages

Sunday, February 24, 2013

Dilarang Mencontek

Mencontek pada saat ujian memang sudah tidak asing lagi di kalangan pelajar saat ini. Berbagai aksi dan trik pun mereka lalui hanya untuk mendapatkan sebuah tetesan tinta yang bernilai baik. Tapi, puaskah jika hasil tersebut didapatkan dari hasil contekan / bukan usaha diri sendiri ? Jawabannya bisa anda tentukan sendiri, tetapi kalau menurut saya, alangkah lebih baik mengerjakan ujian dengan jerih payah sendiri. Toh, kalau nilainya bagus kita akan merasa lebih bangga dengan usaha yang telah kita lakukan.

Pasti ada yang berpendapat kalau tanpa mencontek nilainya akan jelek, itu adalah pendapat yang saya rasa tidak masuk akal. Karena kita telah diberi tahu kapan ujian tersebut berlangsung, dan kita memiliki banyak waktu untuk belajar. Terus jika ada yang berpendapat kehabisan waktu karena mempelajari satu mapel, itu sebenarnya tidak kehabisan waktu melainkan kurang pandainya diri dalam me-manage waktu. Dan mungkin masih banyak alasan lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu.

Okelah langsung saja saya bahas mengenai trik-trik mencontek anak muda zaman sekarang. Disini saya akan share mengenai trik-trik yang dilakukan oleh pelajar di SMK ku tercinta dan mungkin trik ini juga berlaku di SMK / yang sederajat lainnya. 
  1. Menulis di meja / kursi tempat ia ujian dengan menggunakan pensil atau alat tulis lainnya.
  2. Membawa potongan kertas yang berisi jawaban-jawaban mapel ujian
  3. Menulis jawaban di papan tulis dengan disisipkan / diberi judul kisi-kisi mapel lain yang tidak ada pada hari itu.
  4. Yang satu ini adalah yang paling parah, membawa buku paket dan bisa leluasa membuka tanpa sepengetahuan guru. Di sini berarti peran guru pengawas = nol ( 0 ), lebih baik nggak usah dijaga sekalian.
  5. Bagi siswa yang berhadapan langsung dengan meja guru, dia malah menulis contekannya di sisi depan meja guru tersebut, sehingga dia dapat melihat dengan jelas contekkan itu.
  6. Siswa yang dekat jendela, dia menaruh buku / contekan diluar jendela ( contekan ini berada di luar tepatnya di bawah jendela ) sehingga pada saat dia ingin mencontek tinggal mengarahkan saja kepalannya keluar jendela.
  7. Memberikan contekan dengan secarik kertas ke teman dan dibagikan ke teman-teman yang lain.
  8. Melalui percakapan kedua belah pihak.
  9. Dan masih banyak lainnya.
Saran / Tips untuk guru-guru pengawas :
  • Awasilah peserta ujian dengan serius, apa sih susahnya jaga ??? kan cuma mengawasi dan jalan-jalan serta hanya dilakukan beberapa jam saja kok. 
  • Jangan sibuk dengan urusan yang lain, misalnya penggunaan hp, laptop, dan alat-alat lainnya.
  • Sebelum melaksanakan ujian harap di cek meja, kursi, dan papan tulis dari tulisan-tulisan yang sekiranya bersangkutan dengan mapel.
  • Cek saku dari peserta ujian.
  • Bagi guru pengawas yang telah berjaga dengan baik dan bisa membuat kewalahan peserta ujian dalam melakukan kegiatan mencontek, saya acungi jempol dech !!! Itu baru namanya guru yang mempunyai komitmen / tanggungjawab yang baik.
Mari kita ciptakan anak Indonesia yang jujur dan berprestasi murni karena usahanya sendiri, dan dengan hal ini korupsi pun akan mati di negeri ini. Sekian, semoga bermanfaat.....

No comments:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =)) :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) /:) O:-) :-B =; I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8- 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) :-c :-h 8-7 X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan Yang Sifatnya Dapat Membangun Kemajuan Blog Ini. Dan Tinggalkan Komentar Anda Bila Ada Link Yang Sudah Tidak Berfungsi.. Terimakasih...

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner
Selamat datang di dsedayu18, Terima kasih telah berkunjung di blogku.. Semoga blog ini bermanfaat bagi anda!!