Blog ini berisi kumpulan-kumpulan artikel, tips n trik, tutorial, iklan, dan lain-lain.


Pages

Tuesday, February 26, 2013

Seni dan Teknik Menjual

Pada kesempatan kali ini, akan saya bagikan mengenai materi Seni Menjual dan Teknik Menjual dalam mapel Kewirausahaan kelas XI SMK semester genap. Adapun materi yang akan dijelaskan meliputi Pengertian Seni Menjual, Objek Ilmu Menjual, Makna dan Tujuan Menjual, Manfaat Ilmu Menjual, serta Teknik-Teknik Menjual. Baik, langsung saja kita ke materi !!

A. Pengertian Seni Menjual
  • Menurut J.S. Konok, seni menjual adalah suatu kemampuan untuk mempengaruhi orang supaya mau membeli barang-barang yang kita tawarkan dengan cara saling menguntungkan, meski sebelumnya tak terpikirkan oleh calon pembeli untuk membelinya.
  • Menurut K.B. Haas dan E.C. Perry, seni menjual merupakan pelayanan timbal balik sehingga kedua belah pihak merasa puas dengan barang yang diterima.
B. Objek Ilmu Menjual

     Terdapat 2 objek atau sasaran yang ingin dijangkau dari ilmu menjual, yaitu :
  1. Penjual, sebelum melakukan penjualan barang dan jasa harus mengetahui keadaan fisik dirinya.
  2. Barang / Jasa yang dijual, sifat dan guna serta spesifikasi dari barang dan jasa yang akan dijual sehingga penjual siap ketika dihujani pertanyaan calon pembeli mengenai barang / jasa yang dijual.
C. Makna dan Tujuan Ilmu Menjual

Melaksanakan kemampuan dalam seni menjual, yaitu menjual kepandaian jasa maupun barang-barang kepada calon pembeli.

D. Manfaat Ilmu Menjual
  • untuk mengatasi tantangan yang kadang timbul di tengah kegiatan jual beli
  • memperlancar tugas penjual dalam melakukan kegiatan dagang
  • membantu penjual dalam mengatasi persaingan yang semakin ketat
  • meningkatkan omzet penjualan
 E. Teknik Menjual

Ada bermacam-macam teknik menjual salah satunya teori AIDAS, teori ini merupakan kependekan dari Attention, Interest, Desire, Action, Satisfaction. Sekarang akan saya bahas satu per satu dari teknik menjual tersebut.
  1. Attention ( Perhatian ), maksudnya penjual harus bisa berusaha membuat calon pembeli memerhatikan produk / jasa yang ditawarkan.
  2. Interest ( Minat ), maksudnya penjual harus bisa mengubah perhatian calon pembeli menjadi minat yang semakin kuat.
  3. Desire ( Keinginan ), maksudnya penjual harus bisa meyakinkan calon pembeli dengan menjelaskan keuntungan yang didapat calon pembeli dengan membeli produk yang ditawarkan.
  4. Action ( Tindakan ), maksudnya penjual harus bisa meyakinkan calon pembeli bahwa dengan membeli produk / jasa yang ditawarkan merupakan keputusan yang tepat.
  5. Satisfaction ( Kepuasan ), maksudnya adalah mengarahkan, membimbing, dan memberi petunjuk tentang kegunaan maupun efek samping dari produksi yang ditawarkan.
Semoga bermanfaat....

2 comments:

  1. I love the style of your explaining this such a important topic on sales. pretty sure we're all gonna have great benefit from this awesome sharing.
    well done my friend.

    ReplyDelete
  2. Maaf saya mau bertanya, referensi tulisan diatas didapat dari buku apa saja ya? khususnya mengenai referensi "teknik AIDAS".
    Bisa tolong kirim jawabannya ke email saya: silviana.vie@gmail.com.
    Terimakasih banyak atas bantuannya. Semoga Allah senantiasa membalas kebaikan anda. Amin

    ReplyDelete

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =)) :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) /:) O:-) :-B =; I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8- 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) :-c :-h 8-7 X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner
Selamat datang di dsedayu18, Terima kasih telah berkunjung di blogku.. Semoga blog ini bermanfaat bagi anda!!