Blog ini berisi kumpulan-kumpulan artikel, tips n trik, tutorial, iklan, dan lain-lain.


Pages

Tuesday, January 29, 2013

Di setiap pekerjaan pasti diperlukan yang namanya alat pelindung diri, temen-temen semua pasti sudah tau kalau di setiap pekerjaan itu pasti memiliki resiko atau bahaya yang berbeda-beda. Nah, disini saya mau mengulas mengenai APD ( alat pelindung diri ).. Sebelumnya saya mau menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian alat pelindung diri ( APD ).. Apa sih alat pelindung diri itu ? Alat pelindung diri ( APD ) adalah
alat yang mempunyai kemampuan untuk melindungi seseorang dalam melakukan pekerjaannya yang fungsinya mengisolasi tubuh tenaga kerja dari bahaya di tempat kerja.

APD


Contoh-contoh Alat Pelindung Diri ( APD )
  • Kacamata
Gunakan kacamata sesuai dengan pekerjaan yang ditangani. Misalnya untuk :
1. pekerjaan las, diperlukan kacamata dengan kaca yang dapat menyaring sinar las.
2. Kacamata renang digunakan untuk melindungi mata dari air dan zat berbahaya yang terkandung di dalam air.
  • Sepatu
Gunakan sepatu yang dapat melindungi kaki dari benda yang menimpa kaki, paku atau benda tajam lainnya, benda pijar, dan cairan asam yang mungkin terinjak. Sepatu untuk pekerja listrik harus berbahan non-konduktor, tanpa paku logam.
  • Sarung tangan 
Gunakan sarung tangan yang tidak menghalangi gerak jari dan tangan. Pilih sarung tangan dengan bahan yang sesuai dengan jenis pekerjaannya. Sarung tangan yang baik apabila sarung tangan tersebut dapat melindungi seseorang dari tusukan atau sayatan, bahan kimia berbahaya, panas, sengatan listrik atau radiasi tertentu.
  • Helm pengaman 
Gunakan helm yang dapat melindungi kepala dari resiko tertimpa benda jatuh atau benda lain yang bergerak walaupun benda tersebut ringan.
  • Alat pelindung telinga 
Alat pelindung telinga berfungsi untuk melindungi pekerja dari kebisingan, percikan bahan berbahaya, dan benda bergerak lainnya.
  • Alat perlindungan paru-paru
Alat perlindungan paru-paru berfungsi untuk melindungi pekerja dari bahaya polusi udara, gas beracun, dan bahan berbahaya lainnya.
  • Alat perlindungan lainnya
Misalnya tali pengaman untuk melindungi pekerja dari kemungkinan terjatuh.

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat....

4 comments:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =)) :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) /:) O:-) :-B =; I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8- 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) :-c :-h 8-7 X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner
Selamat datang di dsedayu18, Terima kasih telah berkunjung di blogku.. Semoga blog ini bermanfaat bagi anda!!